Ketua Program Studi Pendidikan Biologi

                     

Dr. Fathul Zannah, M.Pd.

Tujuan Jurusan Pendidikan Biologi

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pendidikan biologi dengan penguasaan ilmu pengetahuan biologi serta pedagogi yang kuat.

  2. Membentuk pendidik biologi yang profesional, berkarakter, inovatif, dan berwawasan lingkungan.

  3. Mengembangkan keterampilan penelitian di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk menjawab tantangan global.

  4. Mengintegrasikan ilmu biologi dengan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pengembangan sains.

  5. Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup serta penerapannya dalam kehidupan nyata.


Strategi Pencapaian

  1. Penguatan Kurikulum

    • Menyusun kurikulum berbasis KKNI dan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

    • Memasukkan mata kuliah bioteknologi, ekologi, konservasi, serta inovasi pembelajaran sains.

  2. Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dan Dosen

    • Pelatihan metodologi pengajaran sains modern dan berbasis inquiry learning.

    • Meningkatkan kemampuan riset di bidang biologi murni maupun pendidikan biologi.

    • Sertifikasi kompetensi pendidik biologi.

  3. Kegiatan Akademik dan Pengembangan Soft Skills

    • Praktikum laboratorium dan lapangan (field study).

    • Program magang di sekolah atau lembaga riset biologi.

    • Kegiatan organisasi seperti Biology Club, seminar, workshop, dan kompetisi ilmiah.

  4. Pemanfaatan Teknologi

    • Penerapan multimedia, e-learning, dan virtual lab dalam pembelajaran biologi.

    • Pengembangan media pembelajaran digital berbasis biologi.

  5. Kerjasama dan Networking

    • Menjalin kerjasama dengan sekolah, lembaga penelitian, universitas, dan instansi lingkungan.

    • Mengembangkan penelitian kolaboratif di bidang biologi dan pendidikan.


Rumusan Capaian Lulusan (CPL)

  1. Aspek Pengetahuan

    • Menguasai konsep-konsep dasar dan lanjutan dalam biologi (molekuler, genetik, ekologi, evolusi, dll).

    • Menguasai teori pendidikan dan metodologi pembelajaran biologi.

    • Mampu menganalisis permasalahan biologi dan lingkungan secara ilmiah.

  2. Aspek Keterampilan

    • Mampu melakukan praktikum, eksperimen, dan penelitian biologi secara sistematis.

    • Terampil mengembangkan media dan strategi pembelajaran biologi inovatif berbasis teknologi.

    • Mampu menyusun karya ilmiah, laporan penelitian, dan bahan ajar biologi.

  3. Aspek Sikap/Etika

    • Berperilaku profesional sebagai pendidik sains yang menjunjung tinggi etika akademik.

    • Memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya hayati.

    • Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan isu-isu biologi global.

Peluang Karir

  • Guru Biologi: Mengajar biologi di sekolah menengah (SMP/SMA) atau menjadi dosen di perguruan tinggi.
  • Peneliti: Bekerja di lembaga penelitian, baik pemerintah maupun swasta, dalam bidang biologi, lingkungan, atau bioteknologi.
  • Konsultan Lingkungan: Memberikan konsultasi dalam bidang konservasi, pengelolaan lingkungan, atau keanekaragaman hayati.
  • Industri Bioteknologi: Bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi, farmasi, atau makanan.
  • Wirausaha: Membuka usaha di bidang pendidikan (bimbingan belajar), pertanian organik, atau produk berbasis biologi.