Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi adalah program akademik yang ditawarkan di UMPR dengan fokus pada kombinasi antara teknologi informasi dan pendidikan. Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis dalam bidang TI, tetapi juga kemampuan untuk mengajar dan mendidik orang lain di bidang teknologi.

Program Studi

S1 - Pendidikan Teknologi Informasi

Ketua Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Dr. Muhammad Noor Fitriyanto

  • Tujuan: 1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang kondusif bagi
    berkembangnya kemampuan intelektual, sikap sosial dan professional di kalangan
    civitas akademika program studi secara teratur.
    2. Meningkatkan relevansi kurikulum yang dikembangkan melalui program studi terhadap
    lulusan yang mendiri, kreatif dan inovatif sesuai kebutuhan masyarakat.
    3. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran bermuatan nilai moral
    dan “life-skill” dnegan memperhatikan isu lokal dan global.
    4. Meningkatkan kualitas penelitian dan karya ilmiah bidang Pendidikan Teknologi
    Informasi yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan
    masyarakat.
    5. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis
    penelitian dan kebutuhan masyarakat.

  • Strategi:
    1. Mengintegrasikan tuntutan global (teknologi, ekonomi, Pendidikan, organisasi
    supranasional ASEAN, dan lainnya ke dalam kebijakan Fakultas Pendidikan Bahasa,
    Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (FBIT) UMPR melalui renstra, benchmarking, juga
    melalukan Prakarsa kreatif dalam menghadapinya.
    2. Peningkatan relevansi penyelenggaraan program studi dengan kebutuhan dunia kerja
    (DUDI) internasional melalui program-program penyelarasan dalam dimensi mutu,
    kuantitas, Lokasi, dan waktu secara menyeluruh.
    3. Meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana yang memadai untuk terciptanya
    lingkungan belajar yang kondusif dan memenuhi standar kelas nasional dan
    insternasional.
    4. Menerapkan penjaminan mutu, pengendalian mutu, budaya mutu, manajemen
    strategis, perencanaan strategis, kepemimpinan yang bersifat transformasional, dan
    tata Kelola fakultas FBIT yang baik dalam mendukung pelaksanaan program studi
    kelas internasional.
  • Rumusan Profil Lulusan
    Lulusan Program Studi PTI dapat berprofesi dan memiliki kompetensi:
    1. Ilmuwan/ Akademisi sebagai:
    a. Tenaga Pendidik bidang teknologi informasi (guru, instruktur, dan tutor)
    b. Tenaga Kependidikan (Operator, Pranata Laboratorium Pendidikan)
    c. Peneliti TI (IT Researcher)
    2. Praktisi sebagai:
    a. Pengelola dan Pengembang Teknologi Informasi dalam lembaga pendidikan
    b. Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer)
    c. Pengembang Multimedia Interaktif
    d. Technopreneur

  • Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
    Sikap
    a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap dan
    menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
    agama, moral dan etika;
    b. Berperan sebagai warga negara yang taat hukum, cinta tanah air, menjunjung
    tinggi nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,
    serta berkontribusi dalam kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    c. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, menginternalisasi semangat kemandirian, sertamemiliki kepekaan social, kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    Pengetahuan:
    a. Mampu menguasai konsep dan prinsip-prinsip dasar pedagogik dalam bidang
    pendidikan;
    b. Mampu menguasai konsep dan prinsip dasar ilmu teknologi keinformasian
    seperti: digital learning, algoritma dan pemrograman, rekayasa perangkat lunak,multimedia serta kecerdasan buatan;
    c. Mampu menguasai dasar-dasar matematika dan statistika serta metodepenelitian untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian;
    d. Mampu menelaah masalah, isu-isu dan teknologi terkini di bidang pendidikan danteknologi informasi;
    e. Mampu menguasai ilmu dasar kewirausahaan di bidang pendidikan dan teknologinformasi;
    Keterampilan Umum
    a. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
    pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuaidengan bidang keahliannya;
    b. Memiliki semangat kepemimpinan yang baik, dapat bekerja secara individumaupun team, berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif, serta keinginanuntuk terus belajar sepanjang hayat;
    Keterampilan Khusus
    a. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogik untuk
    menerapkan pembelajaran berbasis IT yang efektif sesuai tantangan abad 21;
    b. Mampu mengimplementasikan ilmu teknologi informasi kependidikan untuk
    mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer/sumber belajar berupamodul/bahan ajar maupun aplikasi berbasis web/dekstop/mobile pada bidangtransformasi digital;
    c. Memiliki kemampuan manajemen wirausaha baik secara mandiri maupun timsesuai dengan bidang keahlian maupun lintas bidang;